4 Daftar Beasiswa Jepang S1, Gratis Kuliah dan dapat Uang Saku

139 views 8:07 am 0 Comments November 26, 2023

Melanjutkan studi di Jepang merupakan mimpi banyak orang. Tidak heran, sebab negara ini memiliki sistem pendidikan terbaik ketujuh di dunia. Jepang menjadi rumah dari begitu banyak Universitas yang kualitasnya telah diakui secara global. Selain itu banyak sekali kampus yang membuka prodi internasional yang begitu coco bagi mahasiswa asing.

Dapatkan kesempatan kuliah di Jepang gratis dengan mendaftarkan beasiswa Jepang S1, tidak hanya itu Anda juga bisa dapatkan uang saku Rp 12 jutaan setiap bulannya.

Ingin merasakan keuntungan mendapatkan bantuan dana pendidikan dan berkuliah ke luar negeri ini, ketahui 4 beasiswa Jepang yang bisa Anda dapatkan dalam artikel berikut ini.

Rekomendasi 4 Beasiswa Jepang S1 untuk Kuliah Gratis di Luar Negeri

Ada beberapa beasiswa agar bisa berkuliah di Jepang yang bisa Anda dapatkan antara lain BIM (beasiswa Indonesia Maju), Mitsui Bussan Scholarship, Mext Scholarship dan KUAS Scholarship.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang rekomendasi beasiswa jepang S1 dan mulai mempersiapkan dari sekarang, berikut adalah penjelasan lengkap, persyaratan hingga biaya tanggungan.

  1. Program Kemendikbud Beasiswa Indonesia Maju (BIM)

    Program ini diberikan oleh Kemendikbud Indonesia, utamanya pada lulusan SMA/SMK sederajat yang memiliki keinginan berkuliah di luar negeri termasuk Jepang. Dua jenis program dana bantuan yang disediakan oleh Kemendikbud yang bisa Anda ikuti yaitu non gelar dan bergelar.

    Beasiswa non gelar biasanya akan ditujukan pada siswa-siswi kelas XI untuk bisa mempersiapkan keberangkatan kuliah S1 di luar negeri. Sedangkan beasiswa bergelar ditujukan pada mahasiswa terpilih bisa menjalankan pendidikan S1 di luar negeri.

    Cakupan beasiswa Jepang S1 ini mencakup biaya kuliah, tunjangan biaya buku, biaya untuk penelitian skripsi, tiket pulang pergi Jepang dan Indonesia, biaya hidup bulanan selama tinggal di luar negeri, biaya kedatangan, biaya visa, asuransi kesehatan, serta biaya keadaan darurat.

  2. KUAS Scholarship

    KUAS Scholarship merupakan program untuk pendidikan S1 khusus mahasiswa internasional. Kampus asal Jepang bernama Kyoto University of Advance Science (KUAS) jadi kampus swasta di Jepang yang membuka program beasiswa. Memiliki visi untuk mempersiapkan lulusan yang siap dalam berbagai peluang karir baik di Jepang maupun negara lain, beasiswa ini bisa juga tersedia untuk pendidikan S2 dan S3.

    Beasiswa Jepang S1 terbagi menjadi beberapa jenis program yang bisa anda dapatkan. Pertama, program dana bantuan pendidikan program super KUAS-E khusus mahasiswa yang mendaftar faculty of engineering menyediakan biaya kuliah penuh hingga gratis biaya masuk atau uang pangkal menyediakan 1,2 juta Yen per tahun atau sekitar 160 jutaan rupiah. KUAS student guardian scholarship merupakan program dana bantuan pendidikan lainnya yang biasanya akan diberikan ketika mahasiswa terkenal musibah sehingga tidak bisa membiayai kuliahnya.

    Terakhir alumni association scholarship merupakan program untuk calon mahasiswa yang memiliki karakter pribadi yang baik sehingga bermanfaat meningkatkan reputasi Kyoto University of Advance Science. KUAS Scholarship bisa digunakan untuk program studi desain, produksi robotikal, mekatronika, komunikasi, sirkuit elektronik, energi, ektator, elektromagnetik, ionik, kontrol, material, instrumentasi serta komputasi dan pemrograman.

  3. MEXT scholarship

    MEXT Scholarship merupakan beasiswa Jepang S1 lainnya yang bisa Anda dapatkan, diberikan langsung oleh kementrian pendidikan negeri sakura. Anda juga bisa memilih universitas atau college yang diinginkan, ada tiga jenis sekolah yang bisa Anda pilih antara lain Gakubu, Kosen dan Senshu.

    • Gakubu
    Gakubu merupakan program yang ditujukan khusus untuk lulusan SMA/SMK bisa melanjutkan pendidikan S1 di universitas negeri di Jepang. Anda akan menjalankan program dengan durasi 5 tahun, satu tahun pertama akan berisi kelas persiapan.

    • Kosen
    Kosen merupakan khusus calon mahasiswa pendidikan college of dan akan fokus pada calon insinyur. Di sekolah Anda college of technology ini bisa belajar lebih banyak praktik dan melakukan eksperimen.
    Anda bisa belajar pada bidang keilmuannya masing-masing karena college of technology menyediakan beberapa bidang keilmuan yang bisa Anda pilih.
    Jika di Jepang sekolah ini khusus untuk lulusan jenjang SMP, tetapi Anda yang mendaftar melalui MEXT Scholarship akan langsung ditempatkan sebagai siswa tahun ketiga.

    • Senshu
    Program ini khusus untuk lulusan SMA/SMK bisa melanjutkan pendidikan ke specialized training college. Sekolah ini akan berfokus pada keahlian-keahlian teknik di luar bidang keilmuan.

  4. Mitsui Bussan Scholarship

    Program bantuan dana pendidikan kuliah seperti Beasiswa Jepang S1 Program ini selain memberikan biaya tanggungan kuliah penuh dari mulai biaya ujian masuk hingga biaya studi di untuk belajar bahasa Jepang. Anda juga akan diberikan biaya hidup bulanan sebesar 145.000 Yen, biaya perjalanan pulang pergi, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 Yen, subsidi akomodasi sebesar 5000 Yen untuk 1,5 tahun pertama.

    Selain itu Anda juga akan mendapatkan akomodasi sebesar 25.000 Yen per bulan serta biaya buku hingga biaya asuransi jiwa. Jurusan yang ditawarkan antara lain, berbagai jurusan di bidang sciences and engineering (kecuali medical science, pharmaceutical science dan veterinary science), dan berbagai jurusan pada bidang social science, business and commerce. Tentukan rencana pendidikan Anda dari sekarang dan persiapkan syarat-syarat untuk mengikuti beasiswa Jepang S1 yang Anda incar agar bisa mewujudkan impian berkuliah di luar negeri gratis.