Alasan Mengapa Harus Bonding dengan Anak Perlu Diketahui

105 views 7:46 am 0 Comments February 1, 2024

Bagi orang tua, menciptakan bonding dengan anak menjadi hal terpenting yang harus dilakukan. Karena mampu menciptakan ikatan kuat bersama buah hati Anda hingga mereka tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Mengungkapkan rasa sayang secara lisan tidak akan cukup membangun keterikatan tersebut.

Sebagai orang tua, dibutuhkan perwujudan cinta agar si kecil bisa merasakan kasih sayang sepenuhnya.Tidak jarang, banyak orang tua yang disibukkan dengan berbagai pekerjaannya di kantor. Namun, lupa untuk melakukan bonding dengan anak, tentunya hal ini tidak boleh terjadi agar keterikatan semakin terbentuk.

Apa yang Dimaksud dengan Bonding?

Bonding merupakan keterikatan kuat yang dibangun antara orang tua bersama si kecil. Hal tersebut dilakukan guna membuat orang tua dapat memberikan kasih sayangnya dalam memberikan perawatan serta perlindungan. Ikatan kuat mampu memicu ikatan batin, harga diri lebih positif, juga rasa aman.

Sebab, mampu mempengaruhi perkembangan sosial dan kognitif buah hati, sehingga perannya sangat penting menemani kegiatan si kecil. Sehingga, akan merasa diperhatikan, dihargai, dan dicintai, langkah kecil ini memberikan pengaruh yang besar. Bahk

an, bonding dengan anak berdampak baik untuk perkembangan motoriknya, contohnya si kecil mampu mengendalikan emosi atau menjadi lebih mandiri. Dari sisi orang tua, pengaruh bonding ini akan memberikan pengalaman tersendiri. Karena pertumbuhan dan perkembangan buah hati tidak bisa terulang kembali ketika sudah mulai dewasa.

Tetap Bonding Menggunakan Cara Ini Jika Sibuk Bekerja

Bagi orang tua yang disibukkan dengan pekerjaannya, salah satu cara melakukan bonding dengan anak ialah berlibur bersama. Tentunya, Anda harus meluangkan waktu dari segala aktivitas padat terkait pekerjaan. Fokuskan diri hanya untuk keluarga.

Dengan begitu perjalanan berlibur terasa sangat bermakna. Tidak hanya menyenangkan, berlibur juga dapat memperkuat hubungan antar keluarga lewat momen-momen berharga. Banyak kegiatan yang dilakukan melibatkan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan atau berenang.

Inilah saatnya untuk orang tua memanfaatkan kesempatannya untuk mengisi ulang tenaga dan meningkatkan kebahagiaan buah hati. Karena anak merasa memiliki waktu luang bersama orang tuanya. Sehingga rasa kasih sayang bisa tersalurkan. Berlibur menjadi sarana relaksasi yang membuat seseorang lupa akan kegiatan padatnya sehari-hari.

5 Hal Kecil yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Jika Anda tidak sempat untuk berlibur, berikan peluang untuk melakukan hal-hal kecil, tetapi bermakna besar. Adapun, beberapa hal kecil yang dapat Anda lakukan agar bisa bonding dengan anak.

  • Makan bersama

    Tidak selalu bisa makan bersama bukan menjadi masalah, Anda bisa menyempatkan diri seperti minimal seminggu sekali. Makan bersama menunjukkan hubungan menarik antara kegiatan makan dengan perkembangan positif buah hati Anda.

  • Sikap menghargai

    Tidak jarang si kecil membuat kesalahan, sehingga perlu disiplinkan. Tahukah Anda bentuk pendisiplinan dengan cara membentak, berterik, atau memberi hukuman fisik sebaiknya jangan dilakukan? Cara ini sangatlah tidak efektif dilakukan.

    Seharusnya, mengajari si kecil untuk mengucapkan kata maaf dan menyadari kesalahan yang diperbuatnya. Memperlakukannya lebih sopan membuat kedekatan saling tercipta, jadi anak merasa nyaman serta aman.

  • Mengungkapkan perasaannya

    Bonding dengan anak dengan membiasakan anak untuk bersikap terbuka kepada orang tua atas setiap permasalahan yang dialaminya. Tanyakan bagaimana perasaannya dalam menghadapi kondisi tertentu, ketika merasa didengarkan, akan muncul rasa dihargai.

  • Tunjukkan rasa sayang

    Hal-hal kecil mampu menyentuh perasaannya dengan menunjukkan rasa cinta dan sayang. Contohnya seperti merencanakan kegiatan akhir pekan ingin melakukan kegiatan apa atau dengan memeluknya, sederhana tetapi penuh makna.

  • Bercerita sebelum tidur

    Anda dapat meminta anak untuk menceritakan kegiatannya sehari-hari. Ajukan pertanyaan yang membuatnya lebih terbuka, sehingga tergerak mau menceritakan aktivitasnya. Saat sudah selesai, giliran Anda sebagai orang tua yang menceritakan keseharian.

    Hal tersebut bertujuan supaya anak merasa dekat berkat mengobrol bersama orang tuanya. Bentuk bonding lewat cara-cara sederhana menjadi bentuk perhatian yang diberikan oleh orang tuanya.

Manfaat Jika Anda Melakukan Bonding Bersama Anak

Melakukan bonding dengan anak memiliki manfaat tersendiri untuk keluarga. Saat anak lahir, keterampilan kognitif, motorik, bahasa, hingga emosionalnya akan dipelajari, orang tua berperan besar dalam membantunya. Selain itu, kemampuan komunikasi menjadi terlatih lewat keterampilan berbahasanya.

Saat Anda bercerita kepada si kecil, beberapa kata akan mudah diingat, sehingga memperlancar kemampuan komunikasi berbahasanya. Lalu, mengenal emosi sangat penting diajarkan, seperti kapan tahu harus bersimpati terhadap orang lain. keterampilan emosional yang tidak tepat, justru memberikan efek pada kenyataan buruk di masa depan.

Apalagi keluarga ini memiliki pengaruh besar pada perkembangan kemampuan anak. apabila ikatan itu sudah kuat dengan keluarganya, maka cenderung mudah dalam membangun hubungan yang baik bersama orang lain. Bonding harus dilakukan secara hati-hati, agar tidak memicu efek negatif.

Seperti anak tidak mau berdekatan dengan keluarnya karena tidak merasakan kenyamanan, tentu hal ini jangan sampai terjadi. Oleh karenanya, hubungan yang sehat dalam keluarga membantu anak jadi mudah beradaptasi. Bonding dengan anak sebagai cara untuk meningkatkan kedekatan batin yang kuat antar anggota keluarga.