Kaesang Masuk PSI, Beda Partai dengan Jokowi

119 views 7:50 am 0 Comments October 27, 2023

Kepastian mengenai Kaesang masuk PSI menuai banyak kontroversi di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut dikarenakan Kaesang tidak bergabung dengan partai ayah dan kakaknya yaitu PDIP.

Partai Solidaritas Indonesia atau PSI merupakan salah satu partai yang diisi oleh banyak sekali anak muda. Sehingga tidak mengherankan jika partai ini disebut juga representasi dari semangat anak muda sekarang ini.

Ini juga menjadi alasan mengapa Kaesang bersedia bergabung dengan PSI. Tentu saja sangat menarik bagaimana nantinya Partai Solidaritas Indonesia di bawah kepemimpinan Kaesang yang merupakan putra dari Presiden Jokowi.

Alasan Kaesang Masuk PSI

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya mengapa Kaesang memutuskan untuk bergabung dengan PSI, padahal masih tergolong partai baru dan belum memiliki jumlah pendukung yang banyak di Indonesia jika dibandingkan dengan partai besar lain.

Contohnya saja yaitu PDIP atau Gerindra yang memiliki banyak sekali pendukung di Indonesia. Apalagi ayahnya adalah seorang presiden, tentu saja Kaesang memiliki banyak sekali peluang untuk bisa masuk ke partai besar.

Salah satu alasan Kaesang masuk PSI yaitu karena merasa adanya kesamaan visi dan misi. Karena PSI menurutnya dianggap sebagai salah satu partai yang sangat berkualitas dan banyak diisi oleh anak muda juga.

Menurut Kaesang, anak muda ini memiliki peranan yang sangat penting bagi negara Indonesia. Oleh karena itu, langkah dirinya untuk masuk ke dalam politik itu demi memajukan bangsa Indonesia.

Dirinya ingin ikut berperan aktif, dalam pemilihan presiden tahun 2024. Dirinya sangat optimis dengan PSI karena diisi oleh anak-anak muda yang berkompeten serta berintegritas.

Kaesang sendiri telah dilantik menjadi ketua umum PSI, menggantikan ketua sebelumnya yaitu Giring. Tentunya akan sangat menarik untuk menyimak bagaimana sikap PSI dalam pemilu 2024.

Serta langkah apa saja yang akan dilakukan oleh Kaesang, mengingat PSI ini merupakan partai baru yang masih memerlukan banyak sekali perbaikan. Apalagi banyak diisi oleh anak-anak muda yang tentunya belum memiliki pengalaman yang banyak dalam dunia politik.

Tanggapan PDIP Mengenai Kaesang Masuk PSI

Seperti diketahui bersama bahwa PDIP adalah partai dari Presiden Jokowi dan juga kakaknya yang sekarang menjabat sebagai Walikota Solo Gibran. Tentu membuat masyarakat terheran-heran mengapa Kaesang tidak masuk PDIP.

Padahal, menurut kabar yang beredar juga terdapat aturan bahwa PDIP memberikan aturan kepada kadarnya, bahwa tidak boleh ada anggota keluarga yang beda partai.

Hal tersebut sempat membuat kontroversi di tengah-tengah masyarakat. Karena ayahnya adalah seorang kader PDIP serta Presiden Republik Indonesia. Tentu saja ada banyak orang yang bertanya-tanya apakah Presiden Jokowi mendapatkan teguran dari PDIP akibat hal tersebut.

Mengenai berita Kaesang masuk PSI, ada salah satu kader PDIP yang menjelaskan bahwa yang tidak boleh beda partai yaitu keluarga inti saja. Contohnya yaitu istri atau anak yang belum menikah.

Jika seseorang yang sudah berkeluarga, itu dianggap sudah memiliki keluarga sendiri jadi sudah bukan termasuk dalam keluarga inti. Oleh karena itu, keputusan Kaesang untuk masuk PSI itu tidak menyalahi aturan pada PDIP.

Presiden Jokowi sendiri telah membebaskan kepada anak-anaknya jika sudah berkeluarga untuk menentukan pilihannya sendiri. Karena ketika sudah berkeluarga bukan merupakan tanggung jawabnya lagi untuk ikut campur dalam urusan pribadi.

Kaesang sendiri menjelaskan keputusannya masuk PSI itu sudah dengan doa restu dari Presiden Jokowi. Hal tersebut menegaskan bahwa tidak ada masalah antara Kaesang dengan ayahnya yaitu Presiden Jokowi.

Dihujat oleh Masyarakat karena Masuk PSI

Keputusan Kaesang masuk PSI, disambut beragam oleh masyarakat Indonesia. Ada yang mendukung dan tidak sedikit juga yang memberikan kritik tajam.

Beberapa masyarakat mengaku sangat senang, karena ada anak muda yang memiliki talenta terjun ke dunia politik. Tentu saja Ini penting, supaya dunia perpolitikan Indonesia ini tindakannya diisi oleh orang-orang yang sudah tua.

Walaupun begitu, tidak sedikit orang yang memberikan kritik tajam bahkan menghina Kaesang. Hal tersebut diakui oleh Kaesang sendiri, ketika dirinya dilantik sebagai ketua umum PSI.

Menurutnya mendapatkan kritikan itu adalah hal yang sangat wajar dalam hidupnya. Mengingat dirinya merupakan anak presiden yang selalu mendapatkan sorotan.

Dirinya sudah terbiasa menghadapi hal seperti itu, dan tidak ingin menanggapinya terlalu jauh. Walaupun banyak kritik datang, akan tetapi tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa ini adalah langkah tepat bagi Kaesang masuk PSI.

Hal ini juga menandai dinasti politik Jokowi, di mana sebagian besar keluarganya sudah masuk dunia politik lebih awal. Karena menantunya, serta kakak dari Kaesang juga sudah masuk dunia politik.

Tentu akan sangat menarik untuk menyimak bagaimana perjalanan politik seorang anak presiden. Karena ada banyak sekali orang yang berharap bahwa Kaesang, akan memberikan banyak perubahan untuk bangsa Indonesia.

Karena memang bangsa Indonesia membutuhkan kepemimpinan anak muda yang berintegritas. Keputusan Kaesang masuk PSI, bisa memberikan warna baru di dunia perpolitikan Indonesia