Makanan Khas Kalimantan yang Tidak Boleh Terlewat

230 views 4:07 am 0 Comments July 16, 2023

Makanan khas Kalimantan adalah perpaduan yang kaya dari berbagai suku dan budaya yang mendiami pulau Kalimantan. Daerah ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah.Yang mana tercermin dalam keanekaragaman hidangan dan bahan makanan yang ditawarkan. Salah satu hidangan yang terkenal adalah Soto Banjar, sejenis sup dengan bumbu yang kaya dan disajikan dengan nasi atau bihun.

Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba

Ada banyak makanan dari Kalimantan yang wajib untuk dicoba. Supaya lebih lengkap, berikut rincian dari beberapa makanan tersebut.

1. Soto Banjar

Soto Banjar adalah makanan khas Kalimantan yang terkenal dengan kelezatan dan kekayaan rempah-rempahnya. Soto ini biasanya terbuat dari kaldu daging sapi yang kaya rasa, dicampur dengan bumbu rempah seperti serai, daun salam, dan jahe.

Ditambah dengan potongan daging sapi, kentang, daun bawang, dan irisan bawang goreng sebagai topping, soto Banjar menjadi hidangan yang sangat lezat dan memanjakan lidah. Disajikan dengan nasi atau bihun, hidangan ini akan memberikan kehangatan dan kenikmatan pada setiap suapan.

2. Sate Lilit

Sate Lilit adalah makanan khas Kalimantan yang terbuat dari daging cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah seperti serai, bawang putih, bawang merah, kemiri, dan kelapa parut. Daging yang sudah dibumbui kemudian dibentuk mengelilingi tusuk sate yang terbuat dari batang serai, memberikan aroma yang khas.

Sate Lilit biasanya dimasak dengan cara dipanggang di atas bara api atau dibakar hingga matang sempurna.Dengan rasa yang kaya dan unik, serta tekstur yang lembut dan gurih, Sate Lilit adalah hidangan yang wajib dicoba bagi pecinta sate.

3. Mie Kepiting

Mie Kepiting adalah makanan khas Kalimantan dengan tambahan daging kepiting segar yang lezat. Mie ini biasanya disajikan dengan kuah yang kaya rasa, terbuat dari kaldu tulang sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan bumbu lainnya.

Daging kepiting yang dimasak dengan bumbu khas juga memberikan cita rasa yang menggugah selera. Mie Kepiting sering diberi tambahan seperti taoge, sawi, dan potongan telur rebus. Hidangan ini merupakan perpaduan sempurna antara mi yang kenyal dan daging kepiting yang gurih, menciptakan sensasi rasa yang memikat.

4. Kue Pancong

Kue Pancong adalah makanan khas Kalimantan yang terbuat dari campuran kelapa parut, tepung beras, gula merah, dan sedikit garam. Kue ini dipanggang menggunakan wajan khusus dengan cetakan berlubang, memberikan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Rasanya manis dengan aroma khas kelapa parut yang harum.Kue Pancong biasanya disajikan dalam berbagai variasi, mulai dari yang polos hingga yang ditambahkan taburan kelapa parut atau kacang. Hidangan ini sering dijadikan camilan yang lezat dan cocok dinikmati bersama secangkir teh.

5. Ayam Pinadar

Ayam Pinadar adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Ayam ini dimasak dengan bumbu khas, seperti kemiri, kunyit, lengkuas, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya.Setelah dimasak dengan bumbu yang lezat, ayam akan dibakar di atas bara api atau dalam pemanggang hingga matang sempurna.

Ayam Pinadar memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari hidangan ayam biasa.Kulitnya renyah dan gurih, sementara dagingnya tetap lembut dan kenyal. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas.

6. Pansuh

Pansuh adalah makanan khas Kalimantan yang menggunakan metode memasak dengan daun pisang. Biasanya, daging seperti ikan, ayam, atau daging sapi, dan rempah-rempah.Seperti serai, lengkuas, daun jeruk, dan cabai, dimasukkan ke dalam daun pisang yang dilipat dan diikat menjadi paket. Paket-paket ini kemudian dimasak di atas bara api atau dalam tungku hingga bumbu meresap dan daging matang secara merata.

Metode memasak dengan pansuh memberikan hidangan rasa yang lezat dan aroma yang khas. Dagingnya menjadi lembut dan bumbunya menyerap ke dalamnya, menghasilkan hidangan yang kaya rasa dan nikmat.

7. Bubur Pedas

Bubur Pedas adalah hidangan bubur khas Kalimantan yang memiliki cita rasa pedas dan gurih. Bubur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan kaldu daging sapi, tambahan rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, dan cabai.

Hidangan ini biasanya ditambahkan dengan daging sapi yang empuk, ayam, atau ikan. Bubur Pedas sering disajikan dengan tambahan bawang goreng, daun bawang, dan kerupuk sebagai pelengkap.Rasanya yang pedas dan gurih membuat bubur ini cocok dinikmati saat cuaca dingin atau sebagai hidangan sarapan yang menghangatkan.

8. Lempok Durian

Lempok Durian adalah hidangan manis yang terbuat dari durian, buah yang terkenal dengan aroma dan rasa khasnya. Durian diparut dan kemudian dikukus atau dipanggang dalam wadah daun pisang dengan tambahan gula, santan, dan bahan lainnya.Proses pengukusan atau pemanggangan membuat lempok durian memiliki tekstur yang lembut dan beraroma harum. Rasanya manis dengan sentuhan khas dari durian yang membuatnya menjadi hidangan penutup yang lezat dan istimewa.

Setiap hidangan tersebut merupakan kuliner khas Kalimantan yang memiliki cita rasa unik dan kaya akan rempah-rempah serta bahan-bahan lokal.Masing-masing hidangan memperlihatkan kekayaan budaya dan keanekaragaman kuliner yang ada di pulau Kalimantan. Dengan mencicipi makanan khas Kalimantan ini, Anda akan dapat mengenal lebih dalam kelezatan dan keunikan kuliner dari daerah tersebut.