Ragam Jajanan Khas Surabaya yang Cocok untuk Anak-anak

127 views 12:51 pm 0 Comments October 23, 2023

Tercatat ada banyak pilihan jajanan khas Surabaya yang sangat populer. Akan tetapi, tidak semua jajanan tersebut cocok untuk sang buah hati. Sebagai orang tua tentu Anda harus selektif untuk memberikan jajanan bagi sang anak.

Jika salah memberikan jajanan, maka bisa saja anak mengalami gejala penyakit tertentu. Untuk itu, Anda perlu mengetahui rekomendasi jajanan tradisional yang sangat aman dari bahan pengawet berbahaya.

Salah satu rekomendasinya adalah camilan tradisional khas Kota Surabaya. Ya, ada banyak sekali pilihan camilan tradisional dari kota pahlawan ini. Jadi, Anda bisa memilih salah satu makanan tradisional yang aman untuk sang buah hati.

Tips Memilih Jajanan Khas Surabaya untuk Sang Buah Hati

Memang semua jajanan tradisional dari kota pahlawan ini cukup beragam. Namun tidak semuanya disukai oleh anak-anak. Sebagai orang tua, tentu Anda bertanggung jawab untuk menyeleksi jenis jajanan bagi sang buah hati.

Maka dari itu, ada beberapa tips mudah untuk memilih camilan sehat dan tradisional khas kota pahlawan ini. Tips yang pertama, ketahui bahan dasar dari camilan tersebut. Umumnya bahan dasar jajanan tradisional khas Kota Surabaya ini terbuat dari singkong, tepung beras, hingga buah-buahan.

Tips yang kedua, ketahui kesukaan anak dalam memilih jajanan tradisional. Ada berbagai pertimbangan sang anak dalam memilih jajanan khas Surabaya. Salah satunya adalah pertimbangan rasa, warna makanan, dan juga teksturnya.

Tips yang ketiga, ketahui kandungan nutrisi dan gizi pada jajanan tradisional yang dikonsumsi oleh anak. Pastikan anak Anda tidak menderita penyakit tertentu setelah mengkonsumsi camilan. Pasalnya, anak-anak kerap mengalami gangguan kesehatan seperti alergi atau batuk.

Hindari mengkonsumsi camilan tradisional berlebih agar tidak mengalami masalah kesehatan. Sebab anak usia dini kerap mengalami gangguan kesehatan karena makanan. Oleh karena itu, ketahui rekomendasi jajanan sehat dan aman khas Surabaya yang cocok untuk sang buah hati.

Rekomendasi Jajanan Khas Surabaya yang Cocok untuk Anak

Kota Surabaya menjadi salah satu pusat makanan tradisional di Indonesia. Ya, Kota Surabaya memiliki berbagai jenis makanan tradisional sehat yang cocok bagi anak. Anda tidak perlu khawatir, sebab semua makanan khas Surabaya ini terbuat dari bahan bernutrisi tinggi.

Selain itu, makanan tradisional dari Kota Surabaya juga terbilang sangat terjangkau harga jualnya. Maka dari itu, ini dia beberapa rekomendasi jajanan khas Surabaya yang cocok untuk anak. Diantaranya adalah sebagai berikut ini

  1. Kue Bikang

    Rekomendasi yang pertama adalah Kue Bikang. Kue yang terbuat dari tepung beras ini sangat populer di Kota Surabaya. Pasalnya tampilan desain kue bikang ini menyerupai mahkota bunga.

    Selain itu, kue dengan tekstur kenyal dan manis ini memiliki warna yang menarik. Maka tidak heran jika anak-anak sangat menyukai kue bikang sebagai jajanan manis dan menyehatkan.

  2. Kue Tok

    Rekomendasi jajanan khas Surabaya yang kedua yakni kue tok. Kue ini juga sangat populer di Surabaya. Pasalnya kue tok menjadi salah satu camilan pasar terlaris. Kue tok ini memiliki tekstur dan desain yang cukup unik.

    Kue tok ini menyerupai kura-kura. Kue dengan warna merah ini terbuat dari tepung ketan ini bertekstur kenyal. Dan di dalamnya terdapat isian yang terbuat dari kacang hijau halus.

  3. Kompyang


    Rekomendasu yang ketiga yaitu kompyang. Kompyang merupakan kue yang diadaptasi dari makanan ringan khas Tionghoa. Sekilas, kompyang ini mirip dengan onde-onde. Letak perbedaannya ada di bagian isian dan teksturnya.

    Isian kompyang ini terbuat dari cokelat yang telah dihaluskan. Sedangkan, onde-onde memiliki isian kacang hijau. Selain itu, kompyang ini memiliki tekstur lebih tipis jika dibandingkan dengan onde-onde.

Untungnya Memberikan Jajanan Khas Surabaya bagi Sang Buah Hati

Memang sang buah hati selalu meminta camilan sebagai makanan selingan. Hanya saja, ada beberapa jenis camilan yang mengandung bahan berbahaya. Sehingga dapat mengganggu pertumbuhan atau kesehatan sang buah hati.

Untuk itu, sebagai orang tua tentu bisa mencoba memberikan jajanan tradisional. Salah satunya adalah camilan tradisional khas dari Kota Surabaya. Tercatat ada beragam keuntungan bagi orang tua dengan memberikan camilan khas Surabaya.

Keuntungan pertama, harga jajanan tradisional ini sangat murah sekali. Sehingga Anda bisa membelikan camilan tradisional cukup banyak untuk sang anak. Keuntungan kedua, camilan tradisional ini tidak mengandung bahan berbahaya.

Ya, camilan tradisional ini terbuat dari bahan alami tanpa pengawet. Sehingga anak Anda tidak mengalami gangguan kesehatan ketika mengkonsumsi jajanan tradisional dalam porsi yang cukup banyak.

Keuntungan ketiga, tekstur dari jajanan tradisional khas Surabaya ini cukup unik. Sehingga anak-anak ini tertarik untuk mengkonsumsinya. Sehingga para orang tua merasa lebih aman ketika buah hati mengkonsumsi jajanan tradisional.

Memang sang buah hati kerap mengkonsumsi camilan sebagai makanan selingan. Untuk menjaga sang buah hati tetap sehat, maka Anda bisa memberikan jajanan khas Surabaya yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan.