Wajib Tahu!!! 8 Negara dengan Biaya Hidup Termahal

163 views 3:55 am 0 Comments September 3, 2023

Jika berbicara tentang daftar negara dengan biaya hidup termahal, sebagian orang mungkin akan langsung menyebut Amerika. Negara super power ini memang dikenal sebagai gudangnya segala jenis peralatan super canggih dan beragam jenis pekerjaan dengan gaji yang fantastis.

Pendapatan perkapita yang tinggi membuat banyak orang mengira bahwa Amerika adalah negara dengan biaya hidup paling mahal di dunia. Faktanya, masih ada sejumlah negara lain yang pajak daerah dan biaya hidupnya lebih tinggi dari Amerika. Bahkan, kamu mungkin akan terkejut karena sebagian ada di Asia.

Daftar Negara Dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

  1. Siprus

    Siprus adalah negara pulau yang secara geografi terletak di Eropa Selatan, tepatnya di sebelah utara Mesir dan tetanggaan dengan Lebanon, Palestina, serta Israel. Pada tahun 2004, negara ini bergabung dengan Uni Eropa dan kini terbagi menjadi dua pulau.Secara internasional, negara ini diakui sebagai Republik Siprus. Pasalnya, harga-harga kebutuhan di negara ini sangat mahal. Tingkat pertumbuhan PDB dalam 5 tahun terakhir adalah 20,3%.
  2. Bermuda

    Pada laporan tahun 2022, satu keluarga yang terdiri dari empat orang anggota bisa menghabiskan hingga Rp107,8 juta per bulan dan belum termasuk sewa tempat tinggal di negara ini. Sementara untuk kamu yang single dan berencana pindah kesini harus menyiapkan setidaknya Rp24,5 juta per bulan.Jika memilih lokasi pusat kota, sewa apartemen mencapai Rp53 juta per bulan, sedangkan di pinggiran kota sekitar Rp34,5 juta per bulan. Adapun gaji per bulan penduduk negara ini adalah Rp98,1 juta. Bermuda terletak di seberang laut Britania Raya dan dikenal dengan deretan pantai super cantik.
  3. Swiss

    Swiss tidak mungkin absent dari daftar negara dengan biaya hidup termahal di dunia. Salah satu negara di Eropa ini dikenal dengan keindahan alam yang memukau seperti salah satunya Pegunungan Alpen.Sebuah keluarga kecil di Swiss memiliki pengeluaran Rp84,1 juta per bulan, dan sekitar Rp23,3 juta per bulan jika masih single. Satu apartemen sederhana dengan satu kamar di Swiss bisa kamu sewa dengan harga Rp20,5 – Rp26,4 juta dan untuk penghasilan rata-rata di negara ini sekitar Rp93,9 juta per bulan.
  4. Norwegia

    Norwegia menjadi salah satu negara dengan biaya hidup termahal di Eropa Utara. Negara ini dikenal makmur dan damai, tapi dengan biaya hidup yang tinggi, yaitu Rp65,1 juta per bulan jika kamu sudah berkeluarga dan memiliki 2 anak.Sedangkan untuk pelajar atau mahasiswa yang tinggal sendiri, setidaknya kamu butuh Rp18,1 juta per bulan belum termasuk sewa asrama atau apartemen.
    Jika di pusat kota, harga sewanya sekitar Rp16,8 juta. Tapi jangan khawatir, jika sudah bekerja disini, maka kamu bisa mendapat gaji hingga Rp53,2 juta lho per bulan.
  5. Islandia

    Tanpa menambahkan biaya sewa apartemen, kamu perlu memiliki setidaknya Rp17,7 juta per bulan untuk bisa hidup di Islandia, jika kamu belum menikah. Tapi jika sudah berkeluarga, kamu bisa menghabiskan sekitar Rp65,4 juta per bulan.Jika mendapat pekerjaan yang bagus di Islandia, kamu bisa mengantongi sekitar Rp50,3 juta setiap bulan. Sementara untuk sewa tempat tinggal dengan satu kamar, biayanya sekitar Rp21,2 juta per bulan.
  6. Singapura

    Ini dia salah satu negara dengan biaya hidup termahal di Asia Tenggara. Negara terdekat dari Indonesia ini menawarkan gaji hingga Rp67,2 juta per bulan, lho. Tapi biaya hidupnya bisa sampai Rp20,9 juta per bulan untuk single dan sekitar Rp55,1 juta untuk empat orang.Jika ingin nuansa ramai untuk tempat tinggal, kamu bisa sewa apartemen dengan tarif Rp35,1 juta per bulan. Salah satu alasan mengapa biaya hidup di sini mahal adalah pajak dan biaya properti yang tinggi, ditambah minimnya subsidi pemerintah.
  7. Israel

    Berlokasi di kawasan Asia Barat, Israel juga disebut-sebut sebagai negara dengan biaya hidup yang mahal. Pengeluaran kamu tiap bulan bisa mencapai Rp16,7 juta belum termasuk budget apartemen yang mencapai Rp19 juta per bulan.Untungnya, gaji di negara ini juga cukup menjanjikan, yaitu mencapai Rp41,5 juta per bulan. Kebijakan proteksionis dari pemerintah merupakan salah satu faktor utama dari tingginya biaya hidup di Israel.
  8. Denmark

    Jika bercita-cita untuk menetap di Denmark, maka kamu harus menyiapkan dana setidaknya Rp15 juta per bulan jika masih sendiri dan sekitar Rp54,2 juta per bulan jika tinggal bersama keluarga. Rata-rata, penduduk Denmark memiliki gaji sekitar Rp50,6 juta.Kamu bisa memilih tempat tinggal di pinggiran kota dengan harga sewa Rp11,6 juta per bulan. Tapi jika ada dana lebih dan lebih suka suasana ramai, maka bisa memilih pusat kota yang sewa apartemennya sekitar Rp15,7 juta per bulan.

Delapan daftar negara dengan biaya hidup termahal di atas bukan hanya sebagai gambaran untuk kamu yang berencana kuliah atau bekerja disana, tapi juga buat kamu yang hendak traveling/liburan. Gimana, apakah kamu berani untuk sekedar jalan-jalan ke delapan negara di atas?