Ketahui Cara Mengatasi Siswa Sering Bolos di Sekolah

119 views 9:39 am 0 Comments January 11, 2024

Siswa sering bolos sekolah menjadi hal umum yang sering terjadi di setiap sekolah, namun hal tersebut tetap tidak bisa dibiarkan begitu saja. Demi masa depan cemerlang, pendidikan merupakan hal penting untuk dilewati setiap tahapannya.

Biasanya ketika Anda menemukan siswa sering tidak masuk dan bolos sekolah karena terdapat masalah tertentu di dalam dirinya. Oleh sebab itu, peran guru juga cukup penting agar siswa bisa mengurangi kebiasannya membolos di sekolah.

Bagaimana Cara untuk Mengatasi Siswa Sering Bolos Sekolah?

Bagi para guru yang terbilang masih baru mengajar pasti masih kesulitan untuk mengatasi siswanya saat mereka kerap membolos sekolah. Lalu, apa saja sih yang harus dilakukan agar siswa mengurangi kebiasaannya tersebut?

  • Tanyakan Masalahnya

    Cara pertama mengatasi siswa sering bolos yang perlu dilakukan oleh para pendidik tentu harus menanyakan terlebih masalahnya. Setiap kali siswa membolos tentu bukan terjadi tanpa alasan, melainkan merasa senang saat berada di luar lingkungan sekolah. Menanyakan langsung permasalahan tersebut saat siswa masuk sekolah merupakan cara terbaik bagi bapak dan ibu guru.

    Untuk menjawab setiap pertanyaan, pastinya siswa cenderung menghindari kebenarannya dan memilih untuk berbohong. Oleh sebab itu, setidaknya Anda perlu mencari tahu tentang kondisi siswa tersebut secara garis besar agar anak didik tidak bisa menghindarinya. Seperti yang Anda ketahui bahwa peran guru bukan hanya sekadar memberikan materi. Melainkan upaya mendidik generasi bangsa.

    Perkara bolos, kenakalan, dan lain sebagainya juga menjadi tugas para guru agar sikap siswa menjadi lebih baik. Tanyakan dengan lembut, bantu masalahnya, dan bangun kedekatan antara guru dan murid agar sekolah menjadi tempat menyenangkan.

  • Siap Menjadi Pendengar yang Baik

    Cara mengatasi siswa sering bolos berikutnya yaitu menempatkan Anda sebagai pendengar yang baik setelah si anak jujur mengakui masalahnya. Tentu menjadi pendengar yang baik bukan hal mudah karena Bapak dan Ibu guru dituntut memahami titik permasalahannya.

    Jangan pernah sekali-kali memotong pembicaraan apalagi menganggap masalah siswa tersebut hal sepele. Kondisinya berbeda dengan Anda, setiap orang memiliki masalah yang dianggap berat berbeda, di mana Anda setidaknya perlu memahami hal tersebut.

    Buat siswa merasa nyaman saat bercerita dengan Anda, maka dengan begitu siswa lebih terbuka atas permasalahannya mengapa tidak merasa nyaman di sekolah. Langsung memberikan hukuman tentunya bukan jalan terbaik dalam mengatasi masalah ini.

  • Bangun Komunikasi Terhadap Semua Siswa

    Satu hal yang juga kerap menjadi masalah fatal yang menyebabkan salah satu siswa sering bolos sekolah dikarenakan komunikasi antara murid dan guru tidak terjalin dengan baik. Misalnya saja saat di tengah pelajaran berlangsung.
    Pada kenyataannya masih banyak para pendidik masih menjalin komunikasi hanya kepada siswa tertentu saja seperti siswa yang kerap berisik, siswa terpandai, dan lain sebagainya.

    Bahkan sampai tidak mengenali nama salah satu siswanya. Menjadi hal yang wajar apabila salah satu ada siswa kurang dikenali oleh gurunya tidak betah saat berada di lingkungan sekolah karena dirinya merasa asing. Menciptakan suasana akrab selama di kelas merupakan cara terbaik.

    Jangan sekali-kali menyudutkan siswa yang kurang paham dengan materi Anda. Alangkah baiknya tanyakan langsung kepada siswa tersebut apabila kurang mengerti, sehingga lama kelamaan siswa paham dengan materi dan tidak takut untuk masuk sekolah.

  • Jangan Jatuhkan Harga Diri Salah Satu Siswa

    Salah satu menyebab mengapa siswa sering bolos sekolah yaitu dikarenakan harga dirinya pernah hancur saat berada di sekolah. Sedangkan penyebab masalah tersebut terjadi bisa karena keberadaan pengajar itu sendiri seperti bercanda berlebihan dan lain sebagainya. Ketika pengajar ingin mencairkan suasana saat berada di kelas, maka memberikan lelucon merupakan cara efektif.

    Namun, jangan sekali-kali lelucon tersebut menyertakan salah satu siswa, sehingga dapat menyinggung hatinya. Hal tersebut kerap menjadi penyebab siswa bolos sekolah dan tidak merasa nyaman berada di kelas. Oleh sebab itu, jangan pernah sekali-kali melakukan kesalahan ini demi membuat siswa selalu nyaman saat berada di dalam pelajaran Anda.

  • Tegas

    Meskipun pada dasarnya seorang guru perlu lembut kepada siswanya, namun bukan berarti guru tersebut di larang berbuat tegas. Tegas tentunya sangat penting dalam menghadapi siswa sering bolos apalagi upaya tersebut dilakukan berulang-kali. Namun, ketika Anda memberikan ketegasan tersebut diikuti juga rasa simpati agar siswa memahami mengapa Anda harus tegas kepadanya.

    Bisa memberikan hukuman ringan kepada siswa, namun tanpa menurunkan harga dirinya. Misalnya saja meminta siswa membersihkan ruangan kelas, toilet, dan lain yang bisa membuatnya mendapatkan pelajaran baru, seperti kebersihan. Namun, jangan sampai mengganggu waktu belajar ketika memberikan hukuman,

    Memberi hukuman bisa setelah pulang sekolah. Tentu saja, Anda juga perlu mengawasi dan menghubungi orang tua siswa tersebut saat hukuman berlangsung. Mau tidak mau tetap ada efek jera dan komunikasi, sehingga bisa menjadi solusi dalam mengatasi siswa sering bolos sekolah.